Pengertian dan Mekanisme Supervisi Mutu
Apa yang disupervisi?
Baca Juga
Untuk memastikan sekolah memahami SNP sebagai pola dalam penyelenggaraan layanan Pendidikan yang bermutu
PELAKSANAAN SPMI
Untuk memastikan dan membantu sekolah dalam melaksanakan SPMI sebagai solusi mengawal peningkatan mutu yang berkelanjutan
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Untuk membantu sekolah dalam menemukan dan melaksanakan solusi yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan di lingkungannya
URUN GAGASAN
Terkait dengan Substansi Supervisi
- Apa saja yang disupervisi oleh pengawas di sekolah? Apa pola yang menjadi dasar?
- Permasalahan apa yang sering dihadapi pada dikala melaksanakan supervisi substansi tersebut?
Aspek yang disupervisi
- Pemahaman satuan pendidikan perihal standar
- Aktfitas Sosialisasi standar n di sekolah
- Permasalahan sekolah dalam memahami standar
- Tindaklanjut sekolah biar warga sekolah memahami standar
- Pemahaman warga sekolah mengenai SPMI
- Keberadaan TPMPS
- Pemahaman TPMPS perihal tugas dan fungsinya
- Pelaksanaan siklus SPMI
- pemetaan mutu
- Penyusuan perencanaan menurut rapor mutu
- Pelaksanaan pemenuhan mutu
- Monitoring pelaksanaan jadwal dan penilaian capaian dll
Keterlaksanaan PMP pada administrasi sekolah
- Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)
- Peran guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar
- Pembiasaan nilai-nilai utama Karakter
- Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)
- Ekstrakurikuler yang bermacam-macam untuk menumbuhkan nilai-nilai Karakter.
- Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang kondusif dan menyenangkan
- keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan
- Kepala Sekolah membuatkan tugas sebagai manajer, inovator, motivator, dan kolaborator
- Pojok baca kelas dan area baca
- Sekolah mempunyai tim menggerakkan peningkatan mutu dll
Keterlaksanaan PMP pada proses pembelajaran
- Siswa melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda
- Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca
- Guru memakai aneka macam sumber belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru mendorong siswa untuk melaksanakan prediksi perihal topik pembelajaran
- Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
- Guru memakai aneka macam pengatur grafis dalam pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam metode pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam media pembelajaran dll
Dampak PMP bagi Peningkatan Kompetensi Lulusan/Siswa
- Siswa gemar membaca dan mengakses aneka macam sumber bacaan
- Siswa bisa membaca cepat dan menciptakan intisari dari bacaan
- Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
- Siswa bisa menciptakan karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan gampang dipahami
- Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
- Siswa memberikan ilham dan pendapat secara santun dan gampang dipahami
- Siswa berprestasi dalam aneka macam keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
- Siswa mempunyai keterampilan berpikir dan bertindak produktif
- dll
Indikator K13
Komponen Lulusan
1. Kompetensi Pengetahuan
2. Kompetensi Keterampilan
Proses Pembelajaran
1. Permasalahan sikap
2. Kekerasan
3. Keterampilan
4. Sumber Informasi
5. Teknologi
6. Aktivitas siswa dikala Pembelajaran
7. Metode
8. Media
9. Sumber
10. Aktivitas guru menutup pembelajaran
11. Teknik Penilaian keterampilan
12. Tindak Lanjut Hasil Penilaian
14. Prestasi
15. Karakteristik Kompetensi Sikap
16. Lingkup Pengembangan
17. Aktivitas Guru membuka Pembelajaran
18. Kegiatan Guru pada dikala Pembelajaran
19. Aspek dan perangkat penilaian otentik
20. Pemanfaatn hasil penilaian otentik
21. Teknik Penilaian sikap
22. Teknik Penilaian pengetahuan
Manajemen Sekolah
- Muatan Lokal
- Perangkat Kurikulum
- Unsur Pemangku Kepentingan
- Komponen KTSP
- Ekstrakurikuler
- Komponen Silabus
- Bentuk RPP
- Waktu Pemeriksaan
- Komponen RPP
- Tahapan RPP
- Pola Penyusunan RPP
- Pihak yang mengawasi
- Bentuk dokumen pengawasan
- Periode pengawasan
- Tindak lanjut hasil pengawasan
- Langkah Penilaian proses dan hasil belajar
- Cakupan teknik penilaian
- Pertimbangan penentuan KKM
- Waktu penyampaian laporan hasil evaluasi
- Waktu penyampaian laporan hasil ujian
- Waktu penyampaian rekapitulasi laporan hasil ujian
- Pihak yang terlibat perencanaan
- Pihak yang disosialisasikan
- Periode penilaian dokumen perencanaan
- Dasar perumusan dan penetapan arah dan kebijakan sekolah
- Cakupan dalam planning kerja tahunan sekolah
- Pedoman di sekolah
- Waktu penilaian pedoman sekolah
KELOMPOK INDIKATOR
KOMPETENSI LULUSAN
Indikator:
- Siswa gemar membaca dan mengakses aneka macam sumber bacaan
- Siswa bisa membaca cepat dan menciptakan intisari dari bacaan
- Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
- Siswa menciptakan karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan gampang dipahami
- Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
- Siswa memberikan ilham dan pendapat secara santun dan gampang dipahami
- Siswa berprestasi dalam aneka macam keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
- Siswa mempunyai keterampilan berpikir dan bertindak produktif
PROSES PEMBELAJARAN
Indikator:
- Siswa melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Siswa melaksanakan kegiatan pengubahan moda dan meghasilkan teks multimoda
- Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca (mengajak dan ikut membaca, sekurang-kurangnya dikala kegiatan 15 menit membaca sebelum kegiatan pembelajaran)
- Guru memakai aneka macam sumber belajar
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
- Guru mendorong siswa untuk memakai pengetahuan dan pengalaman sebelumnya untuk memahami topik pembelajaran
- Guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
- Guru mendorong siswa untuk melaksanakan prediksi perihal topik pembelajaran
- Guru melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
- Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
- Guru memakai aneka macam pengatur grafis dalam pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam metode pembelajaran
- Guru memakai bermacam-macam media pembelajaran
- Guru melaksanakan aneka macam acara menutup pembelajaran
- Guru bersama siswa melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap proses berpikir, proses pembelajaran dan hasil mencar ilmu siswa
- Penggunaan aneka macam variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru
MANAJEMEN SEKOLAH
Indikator:
- Sekolah mempunyai pojok baca kelas dan area baca
- Sekolah mempunyai tim yang menggerakkan literasi (merupakan bab dari TPMPS)
- Sekolah memberi penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan berliterasi.
- Sekolah menyediakan aneka macam kegiatan ekstrakurikuler
1. Petakan & validasi Kondisi Sekolah
- Supervisor menverifikasi rapor mutu dan menganalisis permasalahan yang terjadi di sekolah
- Supervisor menunjukkan rekomendasi solusi dan mendorong janji upaya perbaikan dalam perencanaan sekolah
- Supervisor mendampingi sekolah dalam melaksanakan aneka macam upaya peningkatan mutu pendidikan
- Supervisor mengevaluasi hasil pelaksanaan solusi peningkatan mutu untuk memastikan imbas upaya tersebut terhadap peningkatan layanan pendidikan
Untuk membaca lebih detil silahkan unduh link dibawah ini:
MATERI MEKANISME SUPERVISI MUTU (UNDUH DISINI)
Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Mekanisme Supervisi Mutu"
Posting Komentar