Pengertian dan Mekanisme Supervisi Mutu



Apa yang disupervisi?
Supervisi Mutu ini merupakan suatu proses untuk mengawal dalam upaya peningkatan mutu pada satuan pendidikan oleh LPMP bersama dengan Pengawas Sekolah

PEMAHAMAN STANDAR

Untuk memastikan sekolah memahami SNP sebagai pola dalam penyelenggaraan layanan Pendidikan yang bermutu

PELAKSANAAN SPMI
Untuk memastikan dan membantu sekolah dalam melaksanakan SPMI sebagai solusi mengawal peningkatan mutu yang berkelanjutan

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Untuk membantu sekolah dalam menemukan dan melaksanakan solusi yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan di lingkungannya

URUN  GAGASAN  
Terkait  dengan  Substansi Supervisi
  1. Apa saja yang disupervisi oleh pengawas di sekolah? Apa pola yang menjadi dasar?
  2. Permasalahan apa yang sering dihadapi pada dikala melaksanakan supervisi substansi tersebut?

Aspek yang disupervisi
  1. Pemahaman satuan pendidikan perihal standar
  2. Aktfitas Sosialisasi standar n di sekolah
  3. Permasalahan sekolah dalam memahami standar
  4. Tindaklanjut sekolah biar warga sekolah memahami standar
  5. Pemahaman warga sekolah mengenai SPMI
  6. Keberadaan TPMPS
  7. Pemahaman TPMPS perihal tugas dan fungsinya
  8. Pelaksanaan siklus SPMI
  9. pemetaan mutu
  10. Penyusuan perencanaan menurut rapor mutu
  11. Pelaksanaan pemenuhan mutu
  12. Monitoring pelaksanaan jadwal dan penilaian capaian dll

Keterlaksanaan PMP pada administrasi sekolah

  1. Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)
  2. Peran guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar
  3. Pembiasaan nilai-nilai utama Karakter
  4. Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)
  5. Ekstrakurikuler yang bermacam-macam untuk menumbuhkan nilai-nilai Karakter.
  6. Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang kondusif dan menyenangkan
  7. keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan
  8. Kepala Sekolah membuatkan tugas sebagai manajer, inovator, motivator, dan kolaborator
  9. Pojok baca kelas dan area baca
  10. Sekolah mempunyai tim menggerakkan peningkatan mutu dll

Keterlaksanaan PMP pada proses pembelajaran
  1. Siswa melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda
  2. Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca
  3. Guru memakai aneka macam sumber belajar
  4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  5. Guru mendorong siswa untuk melaksanakan prediksi perihal topik pembelajaran
  6. Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
  7. Guru memakai aneka macam pengatur grafis dalam pembelajaran
  8. Guru memakai bermacam-macam metode pembelajaran
  9. Guru memakai bermacam-macam media pembelajaran dll

Dampak PMP bagi Peningkatan Kompetensi Lulusan/Siswa


  1. Siswa gemar membaca dan mengakses aneka macam sumber bacaan
  2. Siswa bisa membaca cepat dan menciptakan intisari dari bacaan
  3. Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
  4. Siswa bisa menciptakan karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan gampang dipahami
  5. Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
  6. Siswa memberikan ilham dan pendapat secara santun dan gampang dipahami
  7. Siswa berprestasi dalam aneka macam keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
  8. Siswa mempunyai keterampilan berpikir dan bertindak produktif
  9. dll

Indikator K13


Komponen Lulusan
1. Kompetensi Pengetahuan
2. Kompetensi Keterampilan

Proses Pembelajaran

1. Permasalahan sikap
2. Kekerasan
3. Keterampilan
4. Sumber Informasi
5. Teknologi
6. Aktivitas siswa dikala Pembelajaran
7. Metode
8. Media
9. Sumber
10. Aktivitas guru menutup pembelajaran
11. Teknik Penilaian keterampilan
12. Tindak Lanjut Hasil Penilaian
14. Prestasi
15. Karakteristik Kompetensi Sikap
16. Lingkup Pengembangan
17. Aktivitas Guru membuka Pembelajaran
18. Kegiatan Guru pada dikala Pembelajaran
19. Aspek dan perangkat penilaian otentik
20. Pemanfaatn hasil penilaian otentik
21. Teknik Penilaian sikap
22. Teknik Penilaian pengetahuan

Manajemen Sekolah
  1. Muatan Lokal
  2. Perangkat Kurikulum
  3. Unsur Pemangku Kepentingan
  4. Komponen KTSP
  5. Ekstrakurikuler
  6. Komponen Silabus
  7. Bentuk RPP
  8. Waktu Pemeriksaan
  9. Komponen RPP
  10. Tahapan RPP
  11. Pola Penyusunan RPP
  12. Pihak yang mengawasi
  13. Bentuk dokumen pengawasan
  14. Periode pengawasan
  15. Tindak lanjut hasil pengawasan
  16. Langkah Penilaian proses dan hasil belajar
  17. Cakupan teknik penilaian
  18. Pertimbangan penentuan KKM
  19. Waktu penyampaian laporan hasil evaluasi
  20. Waktu penyampaian laporan  hasil ujian
  21. Waktu penyampaian rekapitulasi laporan hasil ujian
  22. Pihak yang terlibat perencanaan
  23. Pihak yang disosialisasikan
  24. Periode penilaian dokumen perencanaan
  25. Dasar perumusan dan penetapan arah dan kebijakan sekolah
  26. Cakupan dalam planning kerja tahunan sekolah
  27. Pedoman di sekolah
  28. Waktu penilaian pedoman sekolah
Indikator Literasi 

KELOMPOK INDIKATOR

KOMPETENSI LULUSAN
Indikator: 
  1.  Siswa gemar membaca dan mengakses aneka macam sumber bacaan
  2. Siswa bisa membaca cepat dan menciptakan intisari dari bacaan
  3. Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
  4. Siswa menciptakan karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan gampang dipahami
  5. Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
  6. Siswa memberikan ilham dan pendapat secara santun dan gampang dipahami
  7. Siswa berprestasi dalam aneka macam keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya.
  8. Siswa mempunyai keterampilan berpikir dan bertindak produktif

PROSES PEMBELAJARAN

Indikator: 
  1. Siswa melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
  2. Siswa melaksanakan kegiatan pengubahan moda dan meghasilkan teks multimoda
  3. Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca (mengajak dan ikut membaca, sekurang-kurangnya dikala kegiatan 15 menit membaca sebelum kegiatan pembelajaran)
  4. Guru memakai aneka macam sumber belajar
  5. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  6. Guru mendorong siswa untuk memakai pengetahuan dan pengalaman sebelumnya untuk memahami topik pembelajaran
  7. Guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
  8. Guru mendorong siswa untuk melaksanakan prediksi perihal topik pembelajaran
  9. Guru melaksanakan aneka macam acara literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
  10. Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
  11. Guru memakai aneka macam pengatur grafis dalam pembelajaran
  12. Guru memakai bermacam-macam metode pembelajaran
  13. Guru memakai bermacam-macam media pembelajaran
  14. Guru melaksanakan aneka macam acara menutup pembelajaran
  15. Guru bersama siswa melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap proses berpikir, proses pembelajaran dan hasil mencar ilmu siswa
  16. Penggunaan aneka macam variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru

MANAJEMEN SEKOLAH
Indikator:
  1. Sekolah mempunyai pojok baca kelas dan area baca
  2. Sekolah mempunyai tim yang menggerakkan literasi (merupakan bab dari TPMPS)
  3. Sekolah memberi penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan berliterasi.
  4. Sekolah menyediakan aneka macam kegiatan ekstrakurikuler
BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA?
1. Petakan & validasi Kondisi Sekolah
  • Supervisor menverifikasi rapor mutu dan menganalisis  permasalahan yang terjadi di sekolah
2. Rekomendasikan Solusi ke Depan
  • Supervisor menunjukkan rekomendasi solusi dan mendorong janji upaya perbaikan dalam perencanaan sekolah
3. Dampingi Pelaksanaan Solusi
  • Supervisor mendampingi sekolah dalam melaksanakan aneka macam upaya peningkatan mutu pendidikan
4. Evaluasi Dampak & Perubahannya
  • Supervisor mengevaluasi hasil pelaksanaan solusi peningkatan mutu  untuk memastikan imbas upaya tersebut terhadap peningkatan layanan pendidikan


Untuk membaca lebih detil silahkan unduh link dibawah ini:
MATERI MEKANISME SUPERVISI MUTU (UNDUH DISINI)






Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Mekanisme Supervisi Mutu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel