RPP 1 Halaman Kelas 5 Tema 7 SD/MI Sesuai Edaran Mendikbud

GURUDIKNAS.COM - Tahun Pelajaran 2020 Pemerintah melalui Kemendikbud kembali melaksanakan revisi pada komponen RPP guru semua jenjang. Baik SD, SMP, Sekolah Menengan Atas maupun SMK
 Pemerintah melalui Kemendikbud kembali melaksanakan revisi pada komponen RPP guru semua jenj RPP 1 Halaman kelas 5 tema 7 SD/Mi sesuai edaran Mendikbud
Semula ada 13 komponen RPP kurikulum 2013 yang harus disusun, sekarang cukup 3 komponen saja. mendikbud menciptakan instruksi gres supaya para guru hanya menuliskan tujuan Pembelajaran, aktivitas pembelajaran dan Asesmen di dalam RPP.

Pernyataan tersebut tertuang dalam surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 dan juga video resmi nya yang sudah beredar di media sosial.

Kapan RPP 1 halaman/lembar ini mulai diberlakukan? jawabannya semester genap tahun pelajaran 2019-2020 semenjak diterbitkannya edaran mendikbud.

Contoh RPP 1 halaman

Melanjutkan postingan sebelumnya admin akan mengembangkan teladan RPP 1 halaman kelas 5 SD/mi tema 7 yang hanya memuat 3 komponen saja.

Oke bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan contoh nya, bisa mendownloadnya pada link unduhan yang tersedia.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Peristiwa dalam Kehidupan (Tema 7)
Sub Tema : Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks ihwal insiden kedatangan bangsa barat di Indonesia, siswa sanggup mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia secara benar.
2. Dengan menciptakan peta pikiran, siswa sanggup menjelaskan insiden kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan memakai kosakata baku secara tepat.
3. Dengan membaca teks, siswa sanggup menjelaskan ihwal sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
4. Dengan berdiskusi ihwal ulasan teks, siswa sanggup menjelaskan isi dan informasi sebuah teks secara tepat.
5. Dengan melaksanakan percobaan, siswa sanggup menunjukkan perbedaan sifat wujud benda (padat, cair, dan gas).
Pendahuluan
1 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diperlukan dikaitkan dengan pengalaman penerima didik (Apersepsi)
3 Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Sintak Model Discovery Learning)
Ø Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar mengenai macam-macam insiden dalam kehidupan.
Ø Siswa mengamati dan menganalisis gambar dan percakapan secara cermat.
Ø Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai pretest.
Ø Siswa mengamati gambar pada buku.
Ø Siswa melatih kemampuan menganalisis gambar dengan panduan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.(HOTS)
Ø Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi semua tanggapan siswa.
Ø Guru mengajak siswa mencari keterkaitan gambar dengan insiden penjajahan yang dialami oleh bangsa Indonesia.
Ø Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai dengan bacaan
Ø Siswa berdiskusi untuk mengerjakan kiprah pada buku siswa ihwal ulasan teks yang berjudul “Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat”.
Ayo Mencoba (Sintak Model Project based Learning)
Ø Siswa bersama kelompoknya melaksanakan studi pustaka dengan mencari informasi mengenai kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan membaca buku, majalah, surat kabar, atau artikel internet. (Creativity and Innovation)
Ø Guru mengajak siswa secara gotong royong menciptakan kesimpulan. (Collaburation)
Ayo Menulis
v Siswa mengartikan kembali semboyan 3G (Gold, Gospel, dan Glory).
Ayo Berlatih
v Siswa secara sanggup bangun diatas kaki sendiri menciptakan dongeng pengandaian berkaitan dengan kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan melengkapi kalimat rumpang.
v Siswa mengerjakan sesuai dengan pemahaman, pemikiran, dan sikapnya sendiri.
v Pada selesai aktivitas ini, guru mempersilakan beberapa siswa secara sukarela menceritakan hasil kerjanya.
Ayo Membaca
v Siswa membaca bacaan berjudul Sifat-Sifat Benda. (Literasi)
Ayo Mencoba
v Siswa melaksanakan percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
Ayo Renungkan
v Siswa mengisi kolom mengenai penerapan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pemahaman siswa.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Dengan derma orang tuanya, siswa mengamati aktivitas sehari-hari di rumah yang menunjukkan perpindahan kalor.
Penutup
A. Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, Siswa mengamati aktivitas sehari-hari di rumah yang menunjukakkan perpindahan kalor.(Mandiri)
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru ihwal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran ihwal bahan yang gres dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa.
Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ kebanggaan


Link Download RPP

1. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 6 SubTema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan - UNDUH
2. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 7 SubTema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemedekaan - UNDUH
3. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 7 SubTema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan - UNDUH
4. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 6 SubTema 4 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman Kelas 5 Tema 7 SD/MI Sesuai Edaran Mendikbud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel