Tips Mengajukan NUPTK Agar Cepat Diterima

GURUDIKNAS.COM - Bagi guru, NUPTK adalah dokumen yang sangat penting bagi Guru baik yang berstatus PNS maupun Honorer. Salah satu sebabnya adalah kartu NUPTK menjadi salah satu syarat pembayaran honorer dari Dana BOS APBN. Aturan ini berdasarkan Pokok-pokok perubahan Baru Juknis BOS tahun 2020.

Sebab lain pentingnya kartu NUPTL adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Banyak rekan-rekan guru yang sudah mengajar lama, tapi belum memiliki kartu NUPTK. Sudah mengajukan untuk memiliki kartu ini tapi belum juga diterima.

Pertanyaannya tentu, bagaimana cara agar cepat diterima saat pengajuan dan penerbitan NUPTK Oleh LPMP dan Admin Pusat?

Pertama, tentu memenuhi syarat dan ketentuan sesuai juknis Penerbitan NUPTK. Yang paling penting dan menentukan adalah Berkas/dokumen yang diupload di halaman NUPTK harus jelas tidak buram sehingga akan mudah disetujui oleh tim verifikasi pengajuan NUPTK anda.

Setelah syarat formal pada pon tadi terpenuhi, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan bagi rekan-rekan operator/guru yang akan mengajukan NUPTK agar cepat diteriam.

Berikut cara mengajukan NUPTK agar cepat diterima. baca tips di bawah ini.



  1. Pastikan Dokumen Ijazah yang diunggah dilengkap dengan nilai atau transkrip nilai dan ingat file scan harus jelas jangan buram.
  2. Perhatikan Ukuran File Yang di unggah, jangan lebih dari 2MB.
  3. Kemudian, bagi Pegawai Non-PNS, SK Pengangkatan GTY 2 tahun terakhir. Sedangkan yang bertugas di yayasan dan SK Bupati atau Dinas Pendidikan bagi yang bertugas di sekolah negeri kemudian disatukan dengan SKBM 2 tahun terakhir dalam satu PDF (guru Paud)
  4. Khusus Guru TK berdasarkan pengalaman SKBM yang diminta 3 tahun terakhir.
  5. Kunci Terbit tidak nya NUPTK ada pada proses aprove awal (Admin dinas), kalau di admin dinas sudah di setujui, insya allah LPMP dan admin Pusat siap menerbitkan.
  6. Kemudia, upload semua dokumen pengajuan NUPTK dan pantau terus situs verval PTK Secara berkala agar tahu pengajuan anda diterima atau ditolak.

Beberapa minggu yang lalu, Sekolah kami mengajukan NUPTK, alhamdulillah NUPTK salah satu tenaga pendidik di sekolah kami sudah diterbikn oleh admin pusat. Prosesnya berlangsung sangat cepat tidak sampai seminggu proses penerbitannya.

Setelah melakukan tips mengajukan NUPTK tadi, untuk melihat NUPTK yang bapak ibu guru ajukan sudah terbit apa belum silahkan ikuti langkah-langkah singkat dibawah ini.
  • Pertama bapak ibu guru silahkan login ke situs verval ptk kemendikbud menggunakan username dan password yang sudah terdaftar. (Minta bantu Operator sekolah) agar lebih mudah. Link login verval PTK klik tautan ini.
  • Kedua Pada laman depat web verval ptk klik menu NUPTK, pilih Status Penerimaan NUPTK. maka akan muncul tampilan Status NUPTK anda.
Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di GURUDIKNAS.COM,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengajukan NUPTK Agar Cepat Diterima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel