RPP Kelas 5 Tema 6 K13 1 Halaman/Lembar Revisi 2020

GURUDIKNAS.COM - Melanjutkan posting sebelumnya, kali ini admin kembali akan menyebarkan pola rpp terbaru untuk kelas 5 SD/Mi yang disusun menurut edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019.
id kembali akan menyebarkan pola rpp terbaru untuk kelas  RPP kelas 5 tema 6 k13 1 Halaman/lembar Revisi 2020
Format RPP sesuai edaran mendikbud terdiri dari 3 komponen saja. sedangkan komponen lainnya hanya pendukung. Walaupun hanya 1 halaman tapi RPP yang dibentuk guru tetap harus berkualitas.
Contoh rpp kelas 5 tema 6 yang admin bagikan ini, sudah diubahsuaikan dengan perubahan terbaru tahun 2019-2020.

Pada acara pendahuluan sudah di bagi menjadi 3 acara adalah Motivasi, Apersepsi dan Orientasi.
Pada acara Inti juga dibentuk sesuai dengan sintak model pembelajaran baik itu discovery learning maupun Project based learning.

Untuk lebih jelasnya berikut admin bagikan pola tema 6 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 1

Contoh rpp kelas 5 Tema 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SDN .....
Kelas / Semester : III /Genap
Tema 8 : Praja Muda Karana
Sub Tema 4 : Aku Suka Berkarya
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa sanggup memilih arah mata angin dengan benar.
2. Setelah membaca teks, siswa sanggup memakai kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam skema dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar, siswa sanggup menginterpretasikan data dengan benar.
4. Setelah mengamati data, siswa sanggup menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa sanggup mengidentifikasi langkah-langkah adonan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa sanggup merancang pembuatan karya keterampilan dengan adonan teknik potong, lipat, dan sambung dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diperlukan dikaitkan dengan pengalaman penerima didik (Apersepsi)
3. Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
B. Inti
Ayo Membaca (Sintak Model Discovery Learning)
· Kegiatan membaca dilakukan siswa untuk memahami skema dan arah mata angin.
· Siswa dikenalkan dengan denah, bisa melalui banyak sekali cara. Bisa dengan membaca teks yang ada pada buku, pengamatan gambar pada skema ataupun permainan.
· Pengamatan gambar skema dari kartu seruan bekas bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengenalkan siswa pada skema lokasi.
· Mengamati skema melalui gambar dari kartu seruan bekas/denah yang ada
· Siswa menyimpulkan bahu-membahu definisi denah. (Collaborative)
· Setelah siswa memahami definisi denah, siswa dikenalkan dengan arah mata angin.
· Arah mata angin berfungsi memilih arah pada skema lokasi.
· Lalu, untuk membantu siswa menghafal nama-nama arah mata angin, sanggup dengan menyanyi. Ubah lirik lagu Pelangi dengan 8 arah mata angin menyerupai berikut.
· Kegiatan pengenalan arah mata angin bisa dimulai dengan berdiskusi arah matahari terbit dan tenggelam.
Ayo Berlatih
· Siswa berlatih memilih posisi suatu tempat pada gambar ruang kelas,menggunakan petunjuk arah mata angin.
· Siswa berlatih memperkirakan jarak tempuh tercepat menurut gambar denah (HOTS)
Ayo Berlatih
· Siswa berlatih membandingkan informasi yang bisa diperoleh dari gambar skema dan gambar diagram.
· Guru sanggup menyediakan pola gambar diagram yang biasa ditemui siswa sehari-hari. Misalnya diagram data siswa, data nilai atau data penduduk suatu daerah. Lalu, siswa mengamati dan menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan diagram tersebut. Contoh diagram
· Siswa berlatih membaca tabel data, kemudian menggambar diagram sesuai data tersebut.
Ayo Berkreasi (Sintak Model Project Based Learning)
· Dalam acara ini melatih kemampuan siswa memotong/menggunting, menempel, dan menyambung. Creativity and Innovation
· Dalam subtema ini, siswa akan berlatih menggambarkan suatu lokasi memakai model rumah-rumahan/maket. Sebagai acara permulaan, siswa akan menciptakan model rumah-rumahan terlebih dahulu. Model lokasi akan dibentuk pada pertemuan selanjutnya.
· Siswa akan menggunting pola rumah-rumahan, kemudian melipat sesuai garis, dan melekat memakai lem.
Kegiatan Penutup
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi yang gres dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang final eksklusif diperiksa.
Peserta didik yang final mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ kebanggaan
1. RPP Kelas 5 Tema 6 SubTema 1 Suhu dan Kalor Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
2. RPP Kelas 5 Tema 6 SubTema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar kita Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
3. RPP Kelas 5 Tema 6 SubTema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
4. RPP Kelas 5 Tema 6 SubTema 4 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH

Penutup
Dalam halaman ini hanya admin berikan satu pola saja khusus 1 subtema untuk file lengkap bisa dibentuk sendiri oleh bapak dan ibu guru.

Demikian informasi perihal RPP 1 lembar kelas 5 tema 6 edisi revisi terbaru 2019-2020. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Kelas 5 Tema 6 K13 1 Halaman/Lembar Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel