Tidak Nyangkut di Pemda Lagi; Mulai 2020 Penyaluran Dana BOS Langsung ke Sekolah


GURUDIKNAS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Naim mengungkapkan, mulai tahun ini penyaluran program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan langsung disalurkan dari pemerintah pusat ke sekolah. Langkah ini dinilai lebih efektif karena dana akan langsung sampai kepada pihak yang berkepentingan.

“(Penyalurannya) dari Kementerian Keuangan langsung ke sekolah. Ini supaya lebih efisien dan lebih cepat tersalur karena jalurnya langsung,” kata Ainun saat dihubungi Media Indonesia, Rabu, 15 Januari 2020.

Ainun menjelaskan, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkordinasi dengan Kemenkeu untuk memberikan data setiap sekolah guna menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Sedangkan pemerintah daerah yang sebelumnya turut menyalurkan dana BOS saat ini bertugas memonitor kinerja sekolah.

“Sekolah-sekolah sekarang di bawah pemerintah daerah, SD dan SMP untuk Kabupaten dan SMA untuk Provinsi. Mereka memonitor terkait kinerja sekolah,” ujarnya.

Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS ke depannya, Ainun mengatakan, sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi.

“Di Kementerian tentu ada guideline, kemudian ada Inspektorat di daerah-daerah juga ada inspektorat daerah untuk mengawasi nanti,” tandasnya.

Sebelumnya, masalah keterlambatan penyaluran program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terus berulang di sejumlah daerah. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar pun mengakui kondisi tersebut.

"Masalahnya ada sistem administrasi pemerintahan di daerah yang harus diikuti," ujar Harris saat ditemui Media Indonesia di kantornya, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

Harris mengungkapkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak Kemendikbud saat ini tengah membahas skema baru penyaluran dana BOS yang lebih efektif.

Sumber : Medcom.id

Belum ada Komentar untuk "Tidak Nyangkut di Pemda Lagi; Mulai 2020 Penyaluran Dana BOS Langsung ke Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel