Contoh dan Link Download RPP 1 Halaman Tema 8 Kelas 5 K13 Revisi 2020

GURUDIKNAS.COM - Berikut admin bagikan pola lengkap RPP satu halaman tiga komponen untuk kelas 5 SD/MI tema 8 (Lingkungan Sahabat kita) sesuai edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019.
GAMBAR rpp kelas 5 tema 8 1 lembar
RPP yang saya bagikan ini hanyalah contoh. Silahkan kembangkan sendiri oleh bapak dan guru, alasannya kegiatan pembelajaran di sekolah itu di kegiatan oleh guru itu sendiri.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Lingkungan Sahabat Kita (Tema 8)
Sub Tema : Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa bisa menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
2. Melalui kegiatan melaksanakan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan dengan baik.
3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa bisa menciptakan peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran
1 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diperlukan dikaitkan dengan pengalaman akseptor didik (Apersepsi)
3 Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
(Motivasi) Kegiatan Inti
Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca
v Siswa membaca teks berjudul “Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer” pada buku siswa. Kegiatan membaca sanggup dilakukan secara bergantian. Salah seorang siswa membaca satu paragraf, siswa lain mendengarkan. Paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa yang berbeda. (Literasi)
v Siswa menuliskan peristiwa-peristiwa yang terdapat pada teks dalam bentuk peta pikiran. Kemudian, secara bergantian siswa menunjukkan peta pikiran yang telah dibuatnya.(Mandiri)
Ayo Berdiskusi
v Guru mengondisikan siswa untuk melaksanakan kegiatan diskusi, dengan menciptakan kelompok-kelompok terdiri atas 4 – 5 siswa. Setiap kelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa fungsi air bagi manusia?
2. Apa fungsi air bagi hewan?
3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?
v Siswa menyajikan hasil diskusinya dalam bentuk peta pikiran. Selanjutnya siswa menyajikan hasil diskusi kelompok kepadkelompok lain. Hasil diskusi semua kelompok sanggup dipakai sebagai ahan diskusi kelas.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Renungkan
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi
kelas dan membantu siswa dalam menciptakan tamat umum wacana kegiatan-kegiatan yang terkait dengan materi pembelajaran hari itu. Siswa diminta untuk merefleksikan hal-hal berikut.(Mandiri)
1. Pengetahuan apa yang dipelajari siswa hari in
2. Keterampilan apa yang siswa latih hari ini?
3. Sikap apa yang siswa kembangkan hari ini?
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama orang tua, siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang memakai air dalam keluarga masing-masing. Kegiatan-kegiatan tersebut yang dituliskan sanggup dituliskan menurut urutan peristiwa, contohnya dari berdiri tidur hingga ketika akan tidur lagi.
Penutup
A. Guru memberikan kiprah dirumah kolaborasi dengan Orang Tua, Siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang memakai air dalam keluarga masing-masing. (Mandiri)
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran wacana materi yang gres dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa.
Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ kebanggaan
C. ASESMEN
Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru adalah dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

link Download

1. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 8 SubTema 1 Manusia dan Lingkungan - UNDUH
2. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 8 SubTema 2 Perubahan Lingkungan - UNDUH
3. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 8 SubTema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan - UNDUH
4. RPP 1 lembar Kelas 5 Tema 8 SubTema 4 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH

Demikianlah supaya sanggup menjadi acuan untuk guru kelas 5 SD/Mi dalam menyusun RPP 1 lembar versi kemendikbud.

Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Link Download RPP 1 Halaman Tema 8 Kelas 5 K13 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel