RPP Kelas 6 K13 1 Halaman/Lembar Revisi 2020
GURUDIKNAS.COM- Sudah tersedia RPP 1 lembar/halaman kelas 6 SD/Mi sesuai edaran Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.
Format terbaru ini hanya memuat 3 komponen Utama saja.
guru-id.com - Ada dua versi rpp kelas 6 yang akan guru-id bagikan. Yang pertama edisi revisi sesuai edaran mendikbud no 14 tahun 2010. dan yang kedua versi diklat Peningkatan Kompetensi pembelajaran tahun 2019.
Keduanya sama-sama revisi terbaru, hanya berbeda format saja. Ada yang memakai 13 komponen dan ada yang hanya memuat 3 komponen saja.
Semuanya bisa dipakai oleh bapak dan ibu guru, alasannya yakni kini hukum dalam rpp itu bebas dikembangkan oleh guru itu sendiri sesuai rencana mengajar masing-masing.
Apakah anda membutuhkan acuan untuk menciptakan format rpp kelas 6 terbaru tahun pelajaran 2020 mendatang ? kalau demikian, maka silahkan unduh di blog guru-id.com.
Salah satu hasil yang didapat guru dari mengikuti Program Diklat PKP Tahun 2019 yakni Pengembangan RPP kurikulum 2013. Pada LK-4 penerima mempelajari cara penyusunan rpp HOTS. Dengan demikian untuk mengikuti perubahan terbaru tahun ini, format rpp yang usang harus di edit dan diubahsuaikan dengan revisi 2019.
Blog guru-id melalui postingan ini mencoba menyebarkan salah satu pola format rpp terbaru yang berorientasi hots untuk SD kelas 6. Tapi sebelum membagikannya berikut yakni poin-poin revisi perbedaan RPP k13 tahun 2018 dengan tahun 2019 yang mungkin saja bisa menjadi acuan dalam pembuatan rpp anda.
FILE LENGKAP RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI SEMESTER 1 dan 2 REVISI 2019,
Adapun LINK DOWNLOAD CONTOH RPP K13 KELAS 6 REVISI 2019 Tersedia pada tautan dibawah.
Semoga pola RPP di blog ini bisa bermanfaat untuk seluruh guru yang mendownloadnya.
Format terbaru ini hanya memuat 3 komponen Utama saja.
guru-id.com - Ada dua versi rpp kelas 6 yang akan guru-id bagikan. Yang pertama edisi revisi sesuai edaran mendikbud no 14 tahun 2010. dan yang kedua versi diklat Peningkatan Kompetensi pembelajaran tahun 2019.
Keduanya sama-sama revisi terbaru, hanya berbeda format saja. Ada yang memakai 13 komponen dan ada yang hanya memuat 3 komponen saja.
Semuanya bisa dipakai oleh bapak dan ibu guru, alasannya yakni kini hukum dalam rpp itu bebas dikembangkan oleh guru itu sendiri sesuai rencana mengajar masing-masing.
Apakah anda membutuhkan acuan untuk menciptakan format rpp kelas 6 terbaru tahun pelajaran 2020 mendatang ? kalau demikian, maka silahkan unduh di blog guru-id.com.
Salah satu hasil yang didapat guru dari mengikuti Program Diklat PKP Tahun 2019 yakni Pengembangan RPP kurikulum 2013. Pada LK-4 penerima mempelajari cara penyusunan rpp HOTS. Dengan demikian untuk mengikuti perubahan terbaru tahun ini, format rpp yang usang harus di edit dan diubahsuaikan dengan revisi 2019.
Blog guru-id melalui postingan ini mencoba menyebarkan salah satu pola format rpp terbaru yang berorientasi hots untuk SD kelas 6. Tapi sebelum membagikannya berikut yakni poin-poin revisi perbedaan RPP k13 tahun 2018 dengan tahun 2019 yang mungkin saja bisa menjadi acuan dalam pembuatan rpp anda.
1. Pada Kompetensi Dasar, Indikator pengetahuan dan keterampilan harus dibentuk sesuai dengan taksonomi bloom dan diurutkan memuat C1, C2 dan lainnya. (Lihat daftar kata kerja Operasional KKO Pengetahuan GTK Kemendikbud dibawah ini)
2. Materi Pembelajaran harus memuat Konseptual, Faktual. remedial dan Pengayaan.
3. Kegiataan Pendahuluan memuat aspek Orientasi, apersepsi dan motivasi secara terpisah (terbagi 3). lihat pola dibawah
4. Pada kegiatan Inti harus memakai Syntax pembelajaran kala 21 yaitu Pemberian rangsangan /stimulus, Identifikasi masalah , Mengumpulkan Data, Pengolahan Data, Pembuktian dan Menarik Kesimpulan/Generilisasi. pola dibawah
2. Materi Pembelajaran harus memuat Konseptual, Faktual. remedial dan Pengayaan.
3. Kegiataan Pendahuluan memuat aspek Orientasi, apersepsi dan motivasi secara terpisah (terbagi 3). lihat pola dibawah
4. Pada kegiatan Inti harus memakai Syntax pembelajaran kala 21 yaitu Pemberian rangsangan /stimulus, Identifikasi masalah , Mengumpulkan Data, Pengolahan Data, Pembuktian dan Menarik Kesimpulan/Generilisasi. pola dibawah
Contoh RPP kelas 6 Abad 21 Revisi 2019
Setelah mengetahui perbedaan antara rpp kurikulum 2013 sd/mi revisi 2018 dengan 2019, sesuai dengan judul postingan, berikut guru-id bagikan pola format gres rpp yang memuat pembelajaran kala 21.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )
Satuan Pendidikan : SD/Mi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam & Bahasa Indonesia
Persatuan dalam Perbedaan/ Bekerja Sama Mencapai Tujuan/ PB 1
Kelas/ Semester : VI/ Ganjil
Materi Pokok : Ciri-ciri binatang dengan habitatnya
Teks dengan ciri-ciri kalimat efektif
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
- Kompetensi Inti (KI)
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
KI-4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas,sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilakuanak sesuai dengan tahap perkembangannya.
|
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Ilmu Pengetahuan Alam
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup beradaptasi dengan lingkungan
|
3.3.1 Mengidentifikasi binatang dan tempat tinggalnya
3.3.2 Mencirikan binatang dan tempat tinggalnya
3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri binatang dengan habitatnya
|
2
|
4.4. Menyajikan karya perihal cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran banyak sekali sumber.
|
4.3.1 Mengumpulkan ciri binatang dan tempat tinggalnya
4.3.2 Merancang hasil pengamatan perihal relasi ciri-ciri binatang dan habitatnya melalui diagram
4.3.3 Menyajikan hasil pengamatan perihal kaitan ciri-ciri binatang dan habitatnya berdasar diagram
|
Bahasa Indonesia
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
|
3.4.1 Mengidentifikasi ciri kalimat efektif
3.4.2 Menyesuaikan teks dengan ciri-ciri kalimat efektif
|
2
|
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan memakai aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.4.1 Melengkapi diagram memakai unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan memakai kalimat efektif.
4.4.2 Menuliskan analisis memakai unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan memakai kalimat efektif.
|
- Tujuan Pembelajaran
- Setelah melaksanakan pengamatan dan menggali informasi dari banyak sekali sumber, siswa bisa mengaitkan ciri-ciri binatang menurut habitatnya
- Setelah berdiskusi, siswa bisa menyesuaikan teks dengan ciri-ciri kalimat efektif pada materi ciri-ciri binatang dan habitatnya.
- Setelah menciptakan diagram, siswa bisa menuliskan analisis memakai unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan memakai kalimat efektif
- Materi Pembelajaran
- 1. Muatan Ilmu Pengetahuan Alam
Ciri-ciri binatang dengan habitatnya
- 2. Muatan Bahasa Indonesia
Ciri-ciri kalimat efektif
- Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Think Talk Write (TTW)
- Media Pembelajaran
Media:
- 1. Augmented Reality berupa binatang tiga dimensi
- 2. Lembar Kerja Siswa
- 3. Gambar-gambar binatang dan habitatnya
- 4. Bahan tayang ciri-ciri kalimat
- 5. Video “Adaptasi Unta Terhadap Lingkungannya”
Alat:
- 1. LCD
- 2. Layar
- 3. Lembar Kerja Peserta Didik
- 4. Kertas karton/manila
- 2. Alat tulis (spidol, bolpoin dll)
- 3. Lem
- 4. Gunting
- 5. Selotip
- Sumber belajar
- 1. Buku Guru Tematik Revisi 2018 Kurikulum 2013
- 2. Buku Tematik Revisi 2018 Kurikulum 2013
- 3. Lingkungan Sekitar
- 4. Buku acuan yang relevan
- 5. Jaringan Internet
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| |
| ||
Orientasi
|
| |
Apersepsi
|
“Tahukah kau bahwa ternyata binatang juga mempunyai strategi
masing-masing dalam mempertahankan kehidupan mereka dan hal
tersebut juga sangat dekat kaitannya dengan tempat tinggal (habitat)
mereka?”
Jawaban yang diharapkan:
Hewan juga mempunyai seni administrasi mempertahankan kehidupannya dengan beradaptasi dengan lingkungannya
| |
Motivasi
|
| |
| ||
Tahap 1
Think
(Berpikir)
|
Apakah kau pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?
Apakah kau mengetahui ciri-ciri ayam, bebek, ikan, dan cecak?
Apakah kau juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya?
| |
Tahap 2
Talk
(Berbicara)
|
| |
Tahap 3
Write
(Menulis)
|
| |
| ||
|
- Penilaian Hasil Pembelajaran
- Teknik Penilaian (terlampir)
- a. Sikap
- Teknik Penilaian (terlampir)
Penilaian sikap dalam pembelajaran ini memakai teknik observasi yang dicatat di dalam jurnal harian untuk sikap: tanggung jawab.
- b. Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dalam pembelajaran KD ini meliputi:
- a. Tes lisan
- b. Tes tertulis: pilihan ganda dan uraian
- c. Keterampilan
Penilaian keterampilan dalam pembelajaran KD ini memakai evaluasi unjuk kerja.
- Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sehabis melaksanakan tes tertulis pada simpulan pembelajaran, maka akan diberikan pembelajaran komplemen (Remidial Teaching) terhadap IPK yang belum tuntas, kemudian diberikan tes tertulis pada simpulan pembelajaran lagi dengan ketentuan:
- 1. Soal yang diberikan berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.
- 2. Nilai simpulan yang akan diambil yakni nilai hasil tes terakhir.
- 3. Peserta didik yang sudah tuntas (≥KBM) dipersilakan untuk ikut bagi yang berminat untuk memperlihatkan keadilan.
- a. Pengayaan
Guru memperlihatkan hikmah biar tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KBM (Ketuntasan Belajar Minimal). Guru memperlihatkan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman dan keterampilan memecahkan problem yang lebih komplek, yaitu:
- 1. Siswa diminta menuliskan hasil analisis perihal relasi antara ciri-ciri binatang dengan habitatnya memakai kalimat efektif dengan memperhatikan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
Mengetahui
SDN guru-id.com
HTML.SPd
NIP.
|
Rambang Niru, 2019
Guru Kelas VI,
PHP, S.Pd.
NIP.
|
Catatan Kepala Sekolah:
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Bahan Ajar
- Lembar Kerja Peserta Didik
- Media Pembelajaran
FILE LENGKAP RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI SEMESTER 1 dan 2 REVISI 2019,
Adapun LINK DOWNLOAD CONTOH RPP K13 KELAS 6 REVISI 2019 Tersedia pada tautan dibawah.
- RPP KELAS 6 TEMA 1 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 2 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 3 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 5 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 6 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 7 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 8 REVISI 2019, UNDUH FILE
- RPP KELAS 6 TEMA 9 REVISI 2019, UNDUH FILE
Semoga pola RPP di blog ini bisa bermanfaat untuk seluruh guru yang mendownloadnya.
Belum ada Komentar untuk "RPP Kelas 6 K13 1 Halaman/Lembar Revisi 2020"
Posting Komentar