RPP 1 Halaman IPS Kelas 9 SMP Menurut Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019

GURUDIKNAS.COM - Banyak sekali seruan dari rekan-rekan guru mengenai rpp satu lembar/halaman Sekolah Menengah Pertama menurut edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019.

Oleh sebab ialah itu insya allah akan admin bagikan formatnya.
halaman Sekolah Menengah Pertama menurut edaran mendikbud nomor  RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama menurut Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Sahabat guru, sebelum melihat teladan RPP 1 halaman SMP/MTs, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dalam edaran mendikbud rpp cukup yang ditulis 3 komponen saja.

Komponen tersebut ialah tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan penilaian. Lalu kapan digunakannya rpp format 1 lembar Ini? jawabannya mulai semester ganap tahun pelajaran 2019-2020.
Sesuai dengan judul posting, Admin akan mencontohkan RPP 1 halaman mata pelajaran IPS kelas 9 SMP/MTs semester 2. untuk muatan kurikulum menyerupai IPA IPS Bahasa Indonesia, PKN, Bahasa Inggris, Matematika, seni budaya, akan di share di posting berikutnya.

RPP 1 Lembar SMP

RPP Sekolah Menengah Pertama disusun per pertemuan. berikut ialah teladan rpp pertemuan pertama belahan 3 Mapel IPS kelas IX semester Genap.
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/ Genap
Hari/Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP
KD :
3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan
pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi,
forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan
kesejahteraan masyarakat.
4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar)
dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi,
forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan
kesejahteraan masyarakat.
IPK
Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar)
dan pengaruhnya terhadap Perdagangan
internasional
IPK
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari
konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga,
pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan
internasional
Materi : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan
pengaruhnya terhadap

Perdagangan internasional
Tujuan Pembelajaran : Melalui aktivitas pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang menuntun akseptor didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan kesannya di depan kelas perihal perdagangan internasional
Kegiatan Pembelajaran
Apersepsi Guru menanyakan perihal bahan pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
model : Problem
Based Learning
1) Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku
maupun melalui yang disajikan oleh guru,

2) Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, akseptor didik diminta untuk
mendiskusikan perihal hal-hal yang ingin diketahui pengertian ketergantungan antar
ruang
dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar).

3) Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa
4) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan
menurut hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Dengan pertayaan awal.

1. jelaskan pengertian perdagangan internasional?
2. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional?
3. Apa manfaat dari perdagangan internasional?
5) Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
6) Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1).
7) Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber
yang akan dipakai untuk menuntaskan permasalahan di Lembar Kerja Siswa

8) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan
di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi.

9) Peserta didik melaksanakan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil
diskusi yang telah dilaksanakan.

10) Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran
Produk : Hasil
diskusi Lembar Kerja
Siswa 1
Diskripsi : siswa
bekerja bersama
kelompok dan
mempresetasikan
kesannya
Alat dan Bahan :
- Gambar/Vidio
perdagang
Internasional

- Power poin
Penutup dan umpan
balik
1. Guru dan akseptor didik secara bahu-membahu menciptakan kesimpulan
2. Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa. Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
evaluasi projek.
Penilaian (Asesmen)
Evaluasi TES


Link Download RPP

Untuk file rpp 1 halaman Diatas dalam format Word/ doc silahkan download melalui tautan google drive dibawah ini
1. RPP IPS Semester 1 (belum tersedia)

2. RPP IPS Semester 2

1. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 3 (UNDUH DOC)
2. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 4 (UNDUH DOC)

RPP ini Disusun Oleh : Drs. Sumarno (Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Malang)

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman IPS Kelas 9 SMP Menurut Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel