RPP 1 Halaman IPS Kelas 9 SMP Menurut Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
GURUDIKNAS.COM - Banyak sekali seruan dari rekan-rekan guru mengenai rpp satu lembar/halaman Sekolah Menengah Pertama menurut edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019.
Oleh sebab ialah itu insya allah akan admin bagikan formatnya.
Sahabat guru, sebelum melihat teladan RPP 1 halaman SMP/MTs, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dalam edaran mendikbud rpp cukup yang ditulis 3 komponen saja.
Komponen tersebut ialah tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan penilaian. Lalu kapan digunakannya rpp format 1 lembar Ini? jawabannya mulai semester ganap tahun pelajaran 2019-2020.
Sesuai dengan judul posting, Admin akan mencontohkan RPP 1 halaman mata pelajaran IPS kelas 9 SMP/MTs semester 2. untuk muatan kurikulum menyerupai IPA IPS Bahasa Indonesia, PKN, Bahasa Inggris, Matematika, seni budaya, akan di share di posting berikutnya.
Materi : ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan
pengaruhnya terhadap
Perdagangan internasional
Tujuan Pembelajaran : Melalui aktivitas pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang menuntun akseptor didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan kesannya di depan kelas perihal perdagangan internasional
Kegiatan Pembelajaran
Apersepsi Guru menanyakan perihal bahan pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
Penilaian (Asesmen)
Evaluasi TES
1. RPP IPS Semester 1 (belum tersedia)
2. RPP IPS Semester 2
1. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 3 (UNDUH DOC)
2. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 4 (UNDUH DOC)
RPP ini Disusun Oleh : Drs. Sumarno (Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Malang)
Oleh sebab ialah itu insya allah akan admin bagikan formatnya.
Sahabat guru, sebelum melihat teladan RPP 1 halaman SMP/MTs, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dalam edaran mendikbud rpp cukup yang ditulis 3 komponen saja.
Komponen tersebut ialah tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan penilaian. Lalu kapan digunakannya rpp format 1 lembar Ini? jawabannya mulai semester ganap tahun pelajaran 2019-2020.
Sesuai dengan judul posting, Admin akan mencontohkan RPP 1 halaman mata pelajaran IPS kelas 9 SMP/MTs semester 2. untuk muatan kurikulum menyerupai IPA IPS Bahasa Indonesia, PKN, Bahasa Inggris, Matematika, seni budaya, akan di share di posting berikutnya.
RPP 1 Lembar SMP
RPP Sekolah Menengah Pertama disusun per pertemuan. berikut ialah teladan rpp pertemuan pertama belahan 3 Mapel IPS kelas IX semester Genap.Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/ Genap | Hari/Tanggal : Alokasi Waktu : 2 JP |
KD : 3.3.1 Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. | 4.3.1 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, forum sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
IPK Menelaah ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional | IPK Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap Perdagangan internasional |
pengaruhnya terhadap
Perdagangan internasional
Tujuan Pembelajaran : Melalui aktivitas pembelajaran memakai model Problem Based Learning yang menuntun akseptor didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan kesannya di depan kelas perihal perdagangan internasional
Kegiatan Pembelajaran
Apersepsi Guru menanyakan perihal bahan pembelajaran berkaitan dengan perdagangan internasional Misalnya: bagaimana kalo suatu negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri? Bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan?
model : Problem Based Learning | 1) Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui yang disajikan oleh guru, 2) Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, akseptor didik diminta untuk mendiskusikan perihal hal-hal yang ingin diketahui pengertian ketergantungan antar ruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). 3) Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 siswa 4) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumus kan pertanyaan menurut hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Dengan pertayaan awal. 1. jelaskan pengertian perdagangan internasional? 2. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi perdagangan internasional? 3. Apa manfaat dari perdagangan internasional? 5) Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama. 6) Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS 1). 7) Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan dipakai untuk menuntaskan permasalahan di Lembar Kerja Siswa 8) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja siswa sedangkan kelompok lainnya menanggapi. 9) Peserta didik melaksanakan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan. 10) Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran |
Produk : Hasil diskusi Lembar Kerja Siswa 1 | |
Diskripsi : siswa bekerja bersama kelompok dan mempresetasikan kesannya | |
Alat dan Bahan : - Gambar/Vidio perdagang Internasional - Power poin | |
Penutup dan umpan balik | 1. Guru dan akseptor didik secara bahu-membahu menciptakan kesimpulan 2. Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi projek. |
Evaluasi TES
Link Download RPP
Untuk file rpp 1 halaman Diatas dalam format Word/ doc silahkan download melalui tautan google drive dibawah ini1. RPP IPS Semester 1 (belum tersedia)
2. RPP IPS Semester 2
1. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 3 (UNDUH DOC)
2. Download RPP 1 halaman/Lembar IPS kelas 9 Semester 2 revisi 2020 BAB 4 (UNDUH DOC)
RPP ini Disusun Oleh : Drs. Sumarno (Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Malang)
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman IPS Kelas 9 SMP Menurut Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019"
Posting Komentar