RPP Satu Lembar K13 SD Tema 9 Kelas 4 Revisi 2020

GURUDIKNAS.COM - RPP satu lembar kelas 4 SD tema 9 akan menjadi topik postingan blog yang akan kita bahas. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada aturan baru dalam penyusunan RPP guru.
GAMBAR RPP KELAS 4 TEMA 9 1 halaman LEMBAR
 akan menjadi topik postingan blog yang akan kita bahas RPP satu lembar k13 SD tema 9 Kelas 4 Revisi 2020
Sebelum menuju topik bahasan, sekedar menginformasikan kembali bahwa Tahun 2020 RPP cukup memuat tiga (3) Komponen saja yakni tujuan, aktivitas dan penilaian.

Pak nadiem Anwar makarim menjelaskan, di dalam surat edarannya bahwa RPP cukup dibentuk 1 halaman saja. Namun tetap harus berkualitas.

Nah sembari menunggu pola RPP satu halaman dari pak Nadiem, berikut ini viter bagikan tumpuan RPP sd kelas 4 format 1 halaman yang sudah viter susun sendiri.

Contoh RPP satu Halaman Kelas 4

RPP kelas 4 SD k13 tema 9 mempelajari bahan wacana kekayaan negeriku yang terdiri dari 4 subtema dan 6 pembelajaran tematik terpisah dari Matematika, PJOK dan PAI.
Bagi rekan-rekan guru SD yang ingin menimbulkan rpp ini referensi, silahkan download filenya dalam format word melalui tautan google drive dibawah.
Agar lebih terperinci yuk lihat misalnya dibawah ini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Kayanya Negeriku (Tema 9)
Sub Tema : Kekayaan Sumber Energi di Indonesia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : IPA, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Membaca bacaan wacana lingkungan, siswa memahami relasi insan dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
2. Membuat peta pikiran, siswa sanggup memahami relasi insan dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab
3. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa sanggup mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
4. Membaca teks dan mengamati gambar wacana siklus beberapa hewan, siswa memahami siklus hidup beberapa binatang dengan penuh rasa kepedulian.
5. Membaca teks dan mengamati gambar wacana sumber energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu pola sumber energi yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
6. Mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan dibutuhkan dikaitkan dengan pengalaman penerima didik (Apersepsi)
3 Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
v Siswa mengamati gambar wacana imbas pola sumber energi, yakni air dan listrik.
v Siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat. (Creativitu and Innovation)
v Secara berdikari siswa mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air.
v Selsesai mengamati, siswa mencari keterkaitan antara air dengan listrik.
v Pada simpulan kegaitan, guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk membacakan hasilnya. (Communication)
v Guru mengkonfimasi setiap tanggapan siswa untuk kemudian memandu siswa untuk menciptakan kesimpulan secara bersama-sama.
Ayo Membaca
v Siswa membaca bacaan yang berjudul “Air dan Listrik”. (Literasi)
v Secara mandiri, siswa menjawab pertanyaan menurut bacaan.
v Siswa membaca bacaan berjudul Lingkungan. (Literasi)
Ayo Berlatih
v Siswa melaksanakan pengamatan berkaitan dengan cara kerja lsitrik memakai saklar.
v Guru mengarahkan kepada siswa untuk menciptakan catatan pengamatan.
v Berdasarkan catatan pengamatan, siswa menyusun sebuah kesimpulan dari pengamatan.
v Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi kebenarannya. (Hots)
v Siswa secara berdikari menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Hots)
v Lingkungan sanggup mempengaruhi lingkungan, sebab dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk aktivitas dalam pemenuhan kebutuhannya insan senantiasa mengikuti keadaan atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.
Ayo Berdiskusi
v Guru memngingatkan kembali wacana isi bacaan dengan judul “LIngkungan”, guru meminta siswa untuk mencari warta mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia. (Integrasi)
v Siswa mencari inormasi dengan cara bertanya atau melaksanakan wawancara sederhana terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. (Mandiri)
v Siswa menuliskan warta yang ia dapatkan dalam tabel yang disediakan.
v Siswa saling menukarkan warta yang mereka dapatkan dan saling memperlihatkan komentar faktual dan saran perbaikan.
Penutup
A. Ayo Renungkan
1. Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan sumber energi lingkungan, dan keterampilan wawancara.


Untuk lebih jelasnya silahkan download file lengkapnya dalam format word/doc melalui tautan google drive dibawah ini.

1. RPP 1 halaman Kelas 4 Tema 9 SubTema 1 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
2. RPP 1 halaman Kelas 4 Tema 9 SubTema 2 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
3. RPP 1 halaman Kelas 4 Tema 9 SubTema 3 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
4. RPP 1 halaman Kelas 4 Tema 9 SubTema 4 Tahun pelajaran 2019-2020 - UNDUH
Akhir KATA
Dalam halaman ini hanya admin berikan satu pola saja khusus 1 subtema untuk file lengkap sanggup dibentuk sendiri oleh bapak dan ibu guru.

Demikian info RPP 1 halaman kelas 4 tema 9 edisi revisi terbaru 2019-2020. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar K13 SD Tema 9 Kelas 4 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel