Skor PISA Jeblok, Nadiem Akan Supervisi Guru

GURUDIKNAS.COM - Hasil skor PISA (Programme for International Student Assessment) menunjukkan Indonesia berada di urutan tujuh terbawah dari 77 negara OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development) yang mengikuti asesmen pada 2018. Menduduki posisi nyaris buncit dengan skor 371 tersebut, Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menggodok program supervisi untuk meningkatkan kapasitas guru.

Peneliti Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang, Kemendikbud, Rahmawati menyebut, berangkat dari hasil PISA tersebut guru akan lebih diperhatikan terkait cara mengajarnya di dalam kelas. Hal ini penting, karena kompetensi dan kualitas guru akan berpengaruh pada kualitas siswa.

"Dari hasil PISA ini kita belajar sesuatu meningkatkan kapasitas guru. Agar terjadi perubahan di kelas," kata Rahmawati di kantor World Bank Centre di Jakarta.

Menurutnya, segala kebijakan yang diambil harus berpengaruh kepada siswa sekolah. Akan sangat disayangkan jika guru yang hebat, tapi malas di kelas.


"Apapun yang kita lakukan itu output-nya pada student learning outcome. Gurunya mau sehebat apapun, tapi kalau tidak disampaikan ke siswanya maka siswanya tidak akan meningkat," jelas dia.

Penilaian kepada guru ini harus dilakukan lebih dini. Pihaknya bakal melakukan tes awal sebelum melihat cara mengajar guru di kelas. Menurutnya akan menjadi sia-sia jika nilai tes bagus, namun produk siswa tidak menonjol.

"Karena ada studi yang menarik di Belanda, kenapa mereka nilainya bisa sangat improve, mereka bahkan sampai sengaja ada program CCTV merekam aktivitas guru di dalam kelas," ungkap dia.

Dari sanalah kemungkinan akan dilakukan penilaian kepada guru. Namun pihaknya belum dapat memastikan apakah sistem pengawasan bermodal CCTV tepat untuk diterapkan di Indonesia.

Sumber : medcom.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di GURUDIKNAS.COM,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Skor PISA Jeblok, Nadiem Akan Supervisi Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel