Kabar Gembira! Seleksi CPNS 2020 Bakal Dibuka di Akhir Tahun

Sumber gambar: bisnis.tempo.co

GURUDIKNAS.COM - Seleksi ujian CPNS 2020 belum juga usai, tapi pemerintah memberi sinyal kemungkinan akan membuka lagi seleksi CPNS serupa pada akhir tahun ini.

Hanya saja, sinyal tersebut belum paten. karena belum dicantumkan dalam regulasi dan jadwal pasti serta formasi penerimaan apa saja yang dibuka.

Satu hal yang pasti, tenaga pendidik dalam hal ini guru dan tenaga kesehatan yang paling dibutuhkan sejauh ini.

Seperti diketahui, bahwa saat ini, proses seleksi CPNS tengah memasuki tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD).

“Kita belum dapat informasinya, mungkin setelah ini. Tapi kalau ada lagi, mungkin nanti September baru akan. Berapa formasinya belum tahu,” ujar Bima, dilansir Merdeka.com.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Andi Rahadian mengatakan, pemerintah saat ini masih berfokus menyelesaikan tahap perekrutan CPNS 2019.

“Nanti kita lihat. Kita belum mengevaluasi perekrutan pengadaan CPNS tahun 2019. Seperti sebelumnya kan ada masa sanggah, kita harus lihat masa sanggahnya berhasil atau tidak,” ungkapnya.

“Jadi masih banyak faktor, karena kita juga masih nunggu dari daerah. Informasi dari daerah juga kita belum tahu mau dibukanya (formasi CPNS) berapa,” dia menandaskan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2020 akan kembali dibuka jika kuota tahun ini belum mencukupi. Sebab, pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi CPNS di beberapa daerah jumlah peserta yang lulus tidak mencukupi kebutuhan.

Dia mengungkapkan, saat ini tenaga yang dibutuhkan untuk CPNS adalah jurusan IT dan tenaga spesialis lainnya, seperti dokter hingga ahli intelijen untuk formasi di BIN.

“Kalau ada yang memenuhi kebutuhan masih banyak maka tahun depan kalau (seleksi CPNS 2019) ini sudah selesai akan kami buka lagi,” ujarnya.

Dia menegaskan, posisi yang akan paling banyak dibutuhkan pada 2020 adalah tenaga guru dan kesehatan, terutama untuk penempatan di daerah.

“Jadi ke depan kita mengutamakan untuk pengadaan tenaga guru, dan tenaga kesehatan, di tambah tenaga-tenaga penyuluhnya. Makanya kalau tahun ini sudah, kita nanti buka lagi,” tutupnya.

Sumber: merdeka.com

Demikian berita ini untuk publik, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kabar Gembira! Seleksi CPNS 2020 Bakal Dibuka di Akhir Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel